Keajaiban Menyusui Yang Tertulis Dalam Al-Qur’an

Perintah untuk menyusui atau memberikan ASI telah disebutkan dalam Al-Qur’an. Seorang ibu yang menyusui anaknya hendaknya tidak hanya sekedar memberikan ASI saja, tetapi lebih dari sekedar itu, yaitu menjalankan apa yang telah diperintahkan Allah SWT. Lebih spesifik lagi ternyata perintah menyusui dianjurkan sampai usia 2 tahun. Adapun ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang pemberian ASI ini meliputi QS. Al-Qasas ayat 7, 12 -13; surat Al-Baqoroh ayat 233, Surat Luqman ayat 14, Surat Al-Ahqaf ayat 15, dan Surat An Nisa ayat 4.

            Tentu setiap apa yang diperintahkan Allah SWT untuk dilaksanakan oleh hamba-Nya akan memberikan kebaikan untuk hamba itu sendiri. Berbagai manfaat ASI untuk bayi telah banyak diteliti, yaitu:

  1. Komposisi sesuai kebutuhan. Dari bayi baru lahir sampai usia 2 tahun, komposisi ASI mengikuti kebutuhan bayi, dari bentuk kolstrum sampai ASI matur, bahkan untuk bayi premature komposisinya berbeda.
  2. Mudah dicerna dan diserap
  3. Mengandung enzim pencernaan
  4. Mengandung zat penangkal penyakit. ASI mengandung limfosit, makrofag, immunoglobulin, laktoferin, dan faktor bifidus (Lactobacillus bifidus) yang bermanfaat untuk kekebalan bayi.
  5. Selalu berada dalam suhu yang tepat
  6. Tidak menyebabkan alergi
  7. Mencegah maloklusi/kerusakan gigi
  8. Mengoptimalkan perkembangan         
  9. Meningkatkan hubungan ibu dan bayi
  10. Menjadi orang yang percaya diri
  11. Mengurangi kemungkinan penyakit krSelalu berada dalam suhu yang tepat
  12. Tidak menyebabkan alergi
  13. Mencegah maloklusi/kerusakan gigi
  14. Mengoptimalkan perkembangan         
  15. Meningkatkan hubungan ibu dan bayi
  16. Menjadi orang yang percaya diri
  17. Mengurangi kemungkinan berbagai penyakit kronis dikemudian hari

Melihat banyaknya manfaat ASI untuk bayi seperti disebutkan di atas, alangkah baiknya jika kita sebagai Ibu ketika menyusui juga mengucapkan syukur atas kelimpahan nikmat dan atas kebaikan yang didapat dari menyusui. Semoga anak-anak kita kelak tumbuh menjadi generasi yang sehat, kuat, sholeh sholehah dan memberikan kontribusi untuk ummat.

0 Komentar